Coffee Thing [part.1]

gara-gara banyaknya istilah ato nama kopi, kadang-kadang suka bikin kita bingung mau milih yang mana *apalagi buat orang awam seperti gue. apa bedanya kopi ini sama kopi anu? yang mana yang ngga pahit? ada ngga yang pake susu? bla bla bla.

pas lagi blogwalking ke sini, gue nemu si diagram kopi ini :)

source from here


dari gambar di atas, ternyata semua kopi mengandung espresso. yang ngebedain adalah komposisi tambahannya.

espresso merupakan kopi pekat (black coffee) dalam cangkir kecil. kata espresso (Espresso) berasal dari Italia untuk mengartikan ekspres (express). kenapa digunakan kata ekspres untuk menggambarkan espresso? karena secangkir espresso dibuat berdasarkan permintaan dan pesanan customer, yang harus dipersiapkan secara tepat dan diminum secepatnya. ekspres disini bukan mengartikan bahwa pembuatannya dilakukan secara cepat. yang terpenting adalah tepat dan diminum secepatnya.

orang-orang Italia menyebutkan bahwa “Customer lah yang harus menunggu secangkir espresso, espresso tidak boleh menunggu customer”. karena apa? ya, karena begitu setelah dibuat dan espresso tersebut dibiarkan dingin (atau bahkan hangat) maka rasa yang timbul bukan lagi espresso yang sebenarnya. rasa yang dihasilkan akan seperti jamu yang pahit dan hambar. espresso dibuat dari mesin yang telah dirancang secara khusus yang akan mendorong air dari kopi yang telah dipadatkan didalam tempat khusus (portafilter) dan memilki temperatur air tertentu dan dalam tekanan tertentu.

jadi espresso dengan milk foam namanya macchiato. trus bedanya cappuccino sama cafe latte ada di perbandingan takaran milk foam sama stamed milk. okee, gue ngarti sekarang!

espresso info was taken from here

1 babbles:

Anonymous said...

kopiiii kuuu

Post a Comment